Pages

10/28/2009

Sinema Romantis " Semur Jengkol Cinta Made In Belanda"


Cerita/Skenario: Majayus Irone

Sinopsis :

Cuma gara-gara semur jengkol penduduk suatu kampong heboh? Mau tahu, tentu bukan sembarang semur jengkol. Warung nasi uduk milik Mpok Jenong mendadak ramai pengunjung lantaran adik iparnya yang bernama Betty De Bosch gadis Blasteran Belanda datang dan tinggal dirumahnya. Betty yang semula alergi dengan bau jengkol mendadak ketagihan dan membuat menu baru sehingga rasa semur jengkol menjadi beda dan so delicious di lidah.

Bukan cuma itu sebenarnya, yang membuat banyak lelaki datang karena ingin mengencani Betty yang cantik bak boneka dan kulitnya putih mirip ubi lobak. Keruan saja Madun anak Jawara Kampung Legok kecantol, Jali anak Bandar kebo juga kesemsem, Bokir anak Bandar pisang juga kepincut, bahkan Majen si duda keren pengusaha gilingan padi kleyengan. Yang lebih tragis lagi, Ki Kasep si kakek bau tanah yang dikenal sebagai dukun pelet fallen in love puber kesepuluh. Mereka berlomba pasang aksi untuk menggaet hati Betty.
Tetapi sayang, Madun tidak dapat restu dari Baba Jiung dan Nyak Leha lantaran Madun sudah berjanji mau melanjutkan kuliah di Jakarta. Madun uring-uringan. Apalagi persaingan makin hebat. Majen menggunakan moge buatan Amrik yang masih indreyen buat menggaet Betty. Ki Kasep yang jago pellet mencoba menggunakan Ajian Jaran Goyang dan Semar Mesem. Tapi Madun tetap saja yang kepilih lantaran dibantuin sama khodam engkongnya yang bernama Mat Item yang memberinya Jimat Batu Combong.
Baba Jiung tetap saja kesal karena dia tidak mau kalo keturunan Kompeni Scot Haeine bedemenan sama Madun yang notabene anak buyut dari Si Pitung jawara tanah Betawi.
Cinta merekapun backstreet…..


CASTING CHARACTER :

MADUN ( Laki-laki, 19 Tahun ) lajang, lulusan SMA, ganteng, lugu, sok trendy dan modern meskipun norak, kebingungan memutuskan kuliah atau kawin dengan seorang gadis.

BETTY ( Perempuan, 18 tahun ) gadis keturunan Belanda, cantik , tinggi kulit putih, agak jutek namun baik hati sebenarnya.

JIUNG ( Laki-laki, 55 Tahun ) berbadan tegap, mantan jawara, agak kasar dan sembrono kalau bicara, selalu pakai gaya jawara, sangat benci dengan yang berasal dari luar negeri.
LEHA ( Perempuan 50 tahun ) cerewet dan cempreng, suka melawan, lucu dan tidak memihak, malas berfikir dan terima apa adanya.

JENONG ( Perempuan, 35 tahun ) bahenol, agak ganjen, ceplas-ceplos, matre dan maunya enak selalu, bernafsu menjodohkan Betty dengan Madun.

MAJEN ( Laki-laki, 30 tahun) ganteng, duda kaya, pamer harta dan sombong serta menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan cinta Betty.

JALI ( Laki-laki, 20 tahun ) agak kurus, tinggi, rambut culun, sedikit bloon, tapi jujur dan setia.

BOKIR ( Laki-laki, 20 Tahun) berbadan agak gendut, agak tulalit, jujur dan setia.

KI KASEP ( Laki-laki, 60 tahun ) seorang dukun, sangar, dingin dan ceriwis.

TINUL ( Perempuan, 45 tahun ) penakut tapi bawel, pencemburu.

MAT ITEM ( Laki-laki, 60 Tahun ) berwajah sederhana, kharismatik.


“ SEMUR JENGKOL CINTA MADE IN BELANDA “
Lagu Thema : Bang Madun
Cerita/ Skenario: Majayus Irone


Opening Scene

01. Ext. Pemandangan Desa. Siang Hari.
Pemain: Madun, Jali, Bokir

Establish. Pemandangan kesejukan sebuah desa dengan aneka pepohonan yang rimbun dan sinar matahari menembus rimbunnya pepohonan. Kemudian kamera fokus pada sebuah pos ronda dimana saat itu sedang duduk-duduk tiga orang lelaki. Pos ronda itu terbuat dari bilik papan sederhana, ada papan jadwal ronda dan sebuah kentongan berbentuk cabe tergantung. Madun sedang membaca koran, Jali sedang ngupil dan Bokir cabutin jenggot menggunakan dua uang logam gocapan. Kemudian Madun berdiri sambil pegang koran.

MADUN
Pusing gue mikirin nasib...

BOKIR
(Sambil tetap cabutin jenggot) Nasib lagian dipikirin terus, ...presiden aja mikir ada ngasonya, nah elu lagi mikirin nasib, bisa ubanan nih kepala kaya pala gue..

JALI
Lagian juga dari tadi lu bolak balik baca tuh koran, nyari apaan sih? Gosip tentang kasus terbunuhnya penyanyi Alda Risma yang bahenol itu atau pesta seksnya Maria Eva dan anggota DPR?

MADUN
(Tunjukin kolom kampus) Huss... Ini yang gue lagi baca

JALI/BOKIR
(Serempak) Jadi lu serius mau kuliah?

MADUN
Iya Li...betul Kir. Kayaknya gue kudu nerusin sekola. Lu tahukan, semua abang dan mpok gue cuman tamat SD, cuman gue aja yang karena lahir belakangan sampe tamat SMU.

JALI
Bagus itu Dun, gue salut sama pemikiran lu. Gue juga mau kalo punya modal. Kalo elu sih soal modal bukan masalah soalnya tanah baba lu lebar, la kalo gue...lu tahu dah sendiri...(putus asa)
BOKIR
Gue juga iri sama lu Dun, lu sih enak baba lu kaya dan lu bisa nerusin kuliah


MADUN
Iya juga sih...lagi pula gue punya impian kapan ya orang kampung kaya kita ini bisa jadi Sarjana? Bisa jadi dokter?

Jali dan Bokir saling pandang sambil garukin kepalanya.

BOKIR
Gue setuju rencana lu Dun, sebagai temen gue support, siapa tahu rencana lu tuh sukses dan lu bakalan jadi Sarjana pertama dikampung kita. Wah, pasti semua warga bangga,...dan ujung-ujungnya lu dengan mudah dapet gaet Salamah anaknya Pak Lurah Nasir. Bukan begitu?

MADUN
(Jeguk kepala Bokir) Dasar lu, pikirannya cewek melulu

BOKIR
Sorry men...Tapi petuah gue masuk akal juga kan? Kan gue tahu kalo lu udah lama naksir Salamah?

Madun tersenyum. Jali mengerling mata pada Bokir yang bengong. Bokir dan Jali kemudian memandangi Madun yang kesemsem sendirian.

Cut to

No comments:

Post a Comment